Amazon Brand Registry dan Pendaftaran Merek Dagang Terdaftar

Awal tahun ini, Amazon meluncurkan Amazon Brand Registry, yang merupakan upaya untuk bekerja sama dengan pemilik merek dagang terdaftar untuk melindungi pengalaman pelanggan di situs Amazon. Sejak saat itu, sebagai alamat korespondensi resmi pada pendaftaran merek dagang klien saya, saya telah menerima banyak permintaan dari Amazon yang meminta untuk memvalidasi dan memverifikasi pemilik merek dagang untuk registri. Pendaftaran di Amazon Brand Registry memberi pemilik merek dagang alat yang ditingkatkan untuk memerangi pelanggaran merek dagang.

Sudah diketahui umum bahwa menghapus daftar atau penjual yang ditandai karena pelanggaran merek dagang sering kali menjadi upaya yang sulit di Amazon. Jenis umum pelanggaran atau penyalahgunaan merek dagang yang pernah saya lihat di sana meliputi:

  • Seseorang menjual produknya sendiri menggunakan nama, logo, atau merek dagang Anda
  • Seseorang menjual produknya sendiri menggunakan nama, logo, atau merek dagang yang mirip, tetapi tidak identik, dengan milik Anda
  • Seseorang membajak daftar Anda tetapi mengirimkan produk yang berbeda
  • Seseorang secara tidak patut mengajukan klaim pelanggaran terhadap merek dagang yang Anda miliki

Penanganan hal-hal seperti di atas biasanya memerlukan menghubungi layanan otomatis Amazon, akhirnya menghubungi seseorang, dan meminta agar daftar atau keluhan dianalisis dan kemudian berpotensi dihapus. Proses ini lambat dan tidak praktis, terutama jika ada pelanggaran oleh banyak pengguna. Dan pemilik merek dagang dapat menemukan diri mereka dalam permainan whack-a-mole dengan daftar yang kemudian bermunculan di bawah akun penjual yang berbeda. Amazon Brand Registry dimaksudkan untuk memudahkan dan mempercepat proses menemukan dan menangani kemungkinan pelanggaran merek dagang di Amazon.com.

Sekarang, pengguna yang terdaftar dengan Amazon Brand Registry akan dapat membuat dan mengunggah video dan foto unik yang dikunci ke akun mereka. Penyalahgunaan konten tersebut oleh orang lain lebih mudah ditemukan dan dihentikan. Pendaftaran juga memberi Anda proses penghapusan yang lebih cepat, memungkinkan Anda menyelesaikan pelanggaran lebih cepat daripada dengan sistem lama. Penjual terdaftar memiliki akses ke penelusuran teks, penelusuran gambar, dan tanggapan otomatis terhadap potensi pelanggaran kekayaan intelektual. Penjual yang terdaftar juga akan tampak lebih sah bagi calon pelanggan, yang dapat memilih untuk membeli dari penjual tersebut daripada yang memiliki harga lebih murah tetapi status yang lebih dipertanyakan.

Beberapa poin dan prasyarat terkait Amazon Brand Registry:

  • Hanya pemilik merek dagang terdaftar federal yang berhak untuk berpartisipasi dalam Amazon Brand Registry. Merek dagang hukum umum dan aplikasi federal yang tertunda tidak memberikan dasar pendaftaran.
  • Tanda kata pasti memenuhi syarat – ini kadang-kadang dikenal sebagai “tanda karakter standar” karena biasanya muncul hanya sebagai huruf kapital tanpa klaim gaya atau font.
  • Merek komposit tampaknya memenuhi syarat. Amazon mengatakan bahwa “kata, huruf, atau angka dalam bentuk bergaya” dan “gambar ilustrasi yang menyertakan [] kata, huruf, dan / atau angka” memenuhi syarat. Ini sepertinya menyiratkan bahwa tanda atau logo yang memiliki teks dan elemen grafis akan memenuhi syarat.
  • Tampaknya tanda desain murni – elemen grafis yang tidak memiliki teks, kata, atau huruf – mungkin tidak memenuhi syarat.
  • Anda harus memberikan bukti merek dagang terdaftar Anda, serta bukti bagaimana merek tersebut benar-benar digunakan pada produk atau kemasan produk.
  • Saya telah melihat diskusi bahwa merek dagang Anda harus terdaftar di Daftar Utama, bukan Daftar Tambahan. Namun, saya belum dapat memverifikasi ini dengan Amazon.

Jika Anda adalah pemilik merek dagang, pertimbangkan hal berikut untuk melanjutkan:

  • Mendaftarkan merek dagang Anda. Pendaftaran adalah persyaratan mendasar untuk pendaftaran sekarang, jadi tindakan ini harus diambil.
  • Mengajukan aplikasi pendaftaran merek dagang sekarang. Proses ini biasanya memakan waktu setidaknya 6-7 bulan, dan persyaratan Amazon bahwa merek Anda terdaftar berarti Anda harus memulai proses pendaftaran lebih cepat daripada nanti. Semakin lama Anda menunggu untuk mengajukan, semakin lama waktu yang dibutuhkan sebelum Anda dapat mendaftar.
  • Mendaftarkan versi merek kata dari merek Anda, jika Anda hanya memiliki desain atau merek komposit yang terdaftar. Kata merek tidak hanya akan memenuhi syarat untuk pendaftaran di Amazon Brand Registry, tetapi biasanya menawarkan perlindungan terbaik dan terluas untuk merek dagang Anda di pasar yang lebih besar.
  • Apakah cara Anda menggunakan merek dagang pada daftar, produk, dan kemasan sesuai dengan merek dagang terdaftar? Ejaan, spasi, tanda hubung, atau variasi lain yang berbeda dapat membatasi kemampuan Anda untuk menggunakan, atau bahkan berpotensi mendaftar, di Amazon Brand Registry.
  • Kegagalan untuk mendaftar di Amazon Brand Registry tidak berarti Anda tidak dapat melaporkan dugaan pelanggaran merek dagang di Amazon, itu hanya berarti Anda tidak akan memiliki semua alat potensial Amazon yang tersedia bagi Anda untuk menemukan dan memerangi pelanggaran tersebut. Biasanya, klien merasa sulit dan tidak praktis untuk memantau dan menghapus pelanggaran merek dagang.
  • Jika merek dagang Anda ada di Daftar Tambahan, pertimbangkan untuk memindahkannya ke Daftar Utama. Tidak semua merek memenuhi syarat untuk ini dan karenanya upaya pemindahan membutuhkan analisis yang cermat bersama dengan strategi penggunaan dan pengarsipan.
  • Jika Anda terdaftar di Amazon Brand Registry sebelum April 2017, Anda tidak akan didaftarkan ulang secara otomatis. Anda harus mendaftar ulang secara manual.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *